iKLaN

Siapa Mau Pasang Iklan Di Sini??Call Aku Aja Di 085247950999

25 Juni 2008

**DUA HARI DUA KALI MAKAN***Selasa, 10 Juni 2008**

Kampung Naga, trus lanjut ke Pangandaran. Field Trip.
Senin kemarin nih, tepat sehari setelah aku bersenang2 bersama PSM GBS, aku langsung melanjutkan perjalananku ke Kampung Naga untuk mengadakan penelitian. Abis itu, dilanjutin lagi refreshing (lebih mirip penyiksaan) ke Pangandaran.
OK deh kita mulai yuk perjalanan ini.

Hari Senin pagi, rencananya kita bakalan berangkat ke Kampung Naga, jam 5 Pagi. Tapi akhirnya kita berangkat 2 jam kemudian. Pagi2 buta kita berangkat, otomatis belum pada makan donk... Tapi spesial buat aku, aku udah makan. huehehe... makan roti doenk. Makan pagi alias breastfast (aduh salah ketik...tapi boong) baru dibagiin di bus sekitar jam setengah 10 an. Wew... kejutan... Sarapan yang penuh tantangan... Makan sambil goyang2 di dalam bus yang lagi di jalan naik turun dan belok2. Salut deh sama panitianya... Huh... pites sisan koe...

Sebelum sampai di Kampung Naga, kita bikin acara kebablasan dulu... hihihi... Kalo gue sih asyik aja... Tapi beberapa partner gue mulai emosi jiwa dan muncullah kata2 "Gimana sih surveinya??? Apa gunanya survei kalo gini??" Nah lho... dalem banget mbok buat panitianya???

Lanjut lagi nih... Setelah sampai di parkirannya Kampung Naga, Kita masih harus jalan kaki menuruni tangga yang sangat panjang dan terjal, sampai akhirnya kita semua sampai di sebuah kampung yang disebut kampung naga. Kampung itu sangat sederhana. Rumahnya masih dari kayu2, atap rumahnya juga masih terbuat dari ijuk. Mata pencaharian penduduk kampung naga itu adalah bertani.

Denger2 nih penduduk kampung naga tuh nggak mau tersentuh ama yang namanya modernisasi. Kayak nggak mau tersentuh listrik (Ya iyalah Jack... nyetrum kalee....) ama nggak mau tersentuh apa yang di sebut teknologi. Jadi semuanya serba sederhana gitu deh... dan menerima segala sesuatu yang udah tuhan berikan kepada mereka melalui alam (bukan adiknya veti vera.red). Jadi mereka sangat menjaga sekali kelestarian alam lingkungan mereka. Wuih... keren banget ya...??? Tapi nih... di balik kekerenan itu, aku kok melihat antena televisi nongkrong di kampung naga. Nah lho... macam mana cuba itu??? bingung to?? Apakah Kampung naga udah mulai mengalami modernisasi???

OK deh lanjut lagi. Setelah sampai di kampung naga, kita di sambut di sebuah aula di kampung naga tersebut. Nah ada yang aneh juga nih... kita yang menghadap kiblat nggak boleh selonjor ke arah kiblat. hahaha... sengsara banget mbok??? termasuk gue di dalemnya.

Di aula tersebut, kita di sambut oleh salah satu perwakilan kampung naga. Diawali dengan ngomong sunda yang aku nggak ngerti sama sekali artinya apaan, trus dilanjutin lagi dengan menceritakan tentang kampung naga. Tentang perbatasannya lah, tentang mata pencahariannya lah, tentang jumlah penduduknya lah... dll deh... Sampe sekitar stengah jam kita di dalem aula itu, lalu dilanjutkan dengan pembagian kelompok untuk daerah penelitiannya. Kebetulan nih, kelompokku kebagian ke Salawu. Anjrit najis banget!!!! gue harus jalan lagi manjat tangga yang panjang banget. Neraka dunia deh... Tika, partner penelitianku, sampai harus berperan kayak cewek gue aja. Kita berjalan bergandengan tangan gara-gara tika udah mo ngeglundung ke bawah kalo ga pegangan ma gue.

Beres manjat tangga yang tinggi banget, kita masih harus melanjutkan lagi perjalanan dengan bus. Yah nggak sempet menikmati kampung naga dengan sepenuh hati deh...

Dalam perjalanan menuju Salawu, ternyata ada makhluk super duper songong yang merokok dalam bus AC. Nggak keren banget lah pokoknya. Keliatan begonya mereka ngerokok di dalam ruangan ber AC. Minta di semprot pake racun serangga mungkin mereka. Walau begitu, aku tetep aja bersyukur, karena bus yang di pake ke Salawu bukan bus gue. hahahaha....

Sampe di Salawu, kita harusnya nyebar, tapi kita malahan ngumpul dengan satu narasumber aja. Keanehan ini udah dirasakan oleh Leo. Aku juga merasa sedikit aneh, tapi aku cuekin aja deh... Aku mikirnya, mungkin abis dari satu narasumber ini, kita bakalan nyebar. Eh ternyata malah abis dari 1 narasumber, kita malahan langsung pulang begitu aja. Thoenk... gimana cuba??? ya sud deh... Sampainya di Parkiran kampung naga, aku dapet info, kalo kelompok2 yang melakukan penelitian di daerah Salawu tuh salah. Harusnya nyebar, bukan dari 1 sumber aja. Nah lho... gimana cuba??? Lagian pusing juga sih... Koordinatornya nggak jelas. Ya sud lah... semuanya telah terjadi.

Beres dari kampung naga, kita lanjut lagi buat ngejar sunset di Pangandaran. Kita cabut dari kampung naga sekitar jam 3 sore dan yang pasti nggak ke kejar tuh sunset di Pangandaran. Kita sampe di Pangandaran jam tujuh-an. Harusnya sih malem ini kita ada evaluasi tentang penelitian tadi. Tapi apa boleh buat, harus gagal gara2 anak2nya udah pada tepar. Trus yang nggak tepar juga pada nyebar jalan sendiri2. Jujur aja aku nggak bisa menikmati jalan2 ini. Udah malem... toko2 udah pada tutup. Tapi anehnya kayaknya Leo tetep bisa menikmatinya. Bahkan sempet juga kita duduk2 dipinggir pantai yang gelap gulita. Kalo aku sih sebenernya mendingan istirahat aja. Tapi mo gimana lagi? anak2 pada pengen kayak gitu. Beres duduk2 dipantai, kita beli nasi goreng dipinggir pantai. Ini nih makan beli sendiri lho bukan jatah dari panitianya. Karena jatah makan kita yang terakhir udah di berikan jam setengah 4 sore tadi di bus juga. Huh... males banget deh ikutan acara yang panitianya kayak gini, menelantarkan peserta. Udah gitu susunan acaranya juga nggak jelas gini.

OK deh setelah malam begitu larut (wuidih kata2nya bikin alergi deh... hahaha), akhirnya kita semua tidur. Walaupun kita berada di sebuah hotel yang menurutku lumayan ancur, tapi aku sangat bersyukur sekali karena bisa tidur dengan sangat nyenyak. Begitu nyenyaknya sampai2 aku nggak tau telah terjadi pergantian personil di tempat tidur kami. Perasaan nih, pas aku tidur tuh sampingku ada anak angkatan atas yang namanya kalo nggak salah "Distant day" tapi pas aku bangun, ternyata udah terjadi banyak pergantian personil. Anak yang bernama "Distant Day" itu udah pindah nggak tau kemana dan udah digantikan oleh personil lainnya. Wew... keren lah pokoknya.

Pagi harinya, kita kembali ditelantarkan. Tanpa acara yang jelas, dan harus cari makan sendiri. hoeks... juh... Kita diberikan waktu bebas buat ngapain aja. Tapi kita bingung mo ngapain.

Pagi2 aku, Leo, dan Agus cewek pergi liat matahari terbit. Sedangkan Fafa lebih milih tidur aja. Abis itu kita sarapan trus main sepeda2an sampe laper lagi. Di laper edisi kedua ini, kita bener2 memperhitungkan waktu makan kita. Secara kita nggak tau kapan kita bakalan cabut dari hotel ini. TAkutnya kalo kita terlalu awal makan, kita bakalan kelaperan di jalan.

Setelah kita berlapar2 ria tanpa kepastian, tiba2 aja kita suruh siap2 buat pulang.
Anjrit... kita belum makan. AKhirnya kita pergi cari makan dan milih dibungkus aja makannya dan dimakan di bus nanti.
Kembali kita makan dengan penuh tantangan di dalem bus yang lagi jalan di jalan yang naik turun dan belok2 dan yang lebih berat lagi, kita makan sendirian sedangkan teman2 yang lain hanya berperan sebagai penonton dan hanya bisa menikmati baunya aja. hihihi... agak nggak enak juga makan sendirian.

***
Akhirnya kita sampai juga di Purwokerto tercinta. Aku kembali bisa liat Pak Dirman yang lagi naik kudanya. Tapi suasana kembali mencekam karena bus dua nggak kunjung datang. Aku udah mulai mikir yang aneh2. Aku SMS temenku yang ada di bus 2 malahan pending. Wew... kemanakah bus 2??? Aku kembali mengenang tingkah bus 2 saat perjalanan berangkat yang sempet hampir terguling di jalan. Bahkan sampai 2 kali bus itu menghadapi maut. Apakah jangan2 Bus itu iseng motong jalan dengan cara loncat bebas ke jurang??? O eM Ji... Tapi ternyata semua itu terjawab bahwa Bus 2 mampir di pombensin buat makan dulu. Fyuh... tenang sekarang dan kehidupan kembali normal...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar